Inilah alasannya kenapa tulisan dokter jelek dan tidak bisa dibaca?

Inilah alasannya kenapa tulisan Dokter jelek dan tidak bisa dibaca?

Jika kamu pernah menebus obat di apotek yang diberi resep oleh dokter, pasti kamu bingung kenapa tulisan dokter jelek dan tidak bisa dibaca serta kesannya seperti sandi rumput, tapi mengapa para apoteker dapat membaca tulisan itu?



Berikut Ulasannnya

Tulisan dokter yang jelek mempunyai tujuan tersendiri yang disengaja untuk menghindari hal hal buruk yang akan terjadi, misalnya prilaku penebus obat yang jelek yang bisa mengganti resep ketika ditulis dengan tulisan yang sesuai abjad ABCDEF.

Intinya tulisan dokter dibuat jelek dan hampir serupa dengan sandi rumput itu untuk menghindari hal hal buruk yang akan terjadi walaupun tidak ada undang undang yang mengatakannya, mungkin hanya sebuah insting yang dikira bagus lalu dikembangkan dan menjadi popular dikalangan perdokteran.
Lalu bagaimana kok para apoteker  atau farmasis bisa membacaya?

Sebenarnya  sebelum menjadi farmasis mereka harus lulus mata kuliah yang bernama simulasi resep. Mata kuliah itu mempelajari bagaimana cara membaca resep, menyediakan obat hingga memberi KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) kepada pasien.

Jadi resep itu diibaratkan surat rahasia dari dokter  untuk farmasis/apoteker yang hanya mereka berdua yang bisa membacanya, pasien tidak boleh tau.

Jika kamu penasaran apakah isi surat dokter yang diberikan kepada farmasis itu sebenarnya sudah ada ketentuan atau kesepakatan yang diberlakukan.

Baris pertama resep itu akan tertulis nama obat yang akan diberikan oleh si dokter, tentunya nama obat yang akan diberikan juga disesuaikan dengan penyakit dan baris selanjutnya tertulis petunjuk penggunaan obat: berapa kali obat itu harus diminum, sesudah atau sebelum makan atau berapa banyak obat tersebut harus dikonsumsi, jenis obat; puyer, tablet, sirup, kapsul, atau lainnya. Biasanya jenis obat disebutkan menggunakan kode-kode tertentu yang arti atau maknanya si dokter dan si apoteker sudah sama-sama tahu. Ada lagi beberapa perintah tersembunyi kepada apoteker. Miriplah sandi-sandi dari sebuah 'gerakan mafia'. Hehhehehehe.

Bagaimana apakah kamu sudah paham?

Perlu kamu tau sebaigai apoteker atau farmasis harus mempunyai keahlian yang mumpuni dikarenakan tidak semua tulisan dokter itu sama, jadi sebagai seorang apoteker atau farmasis harus lebih hati hati dan teliti serta cermat dalam memberikan atau memilih obat karena nyawa seseorang dipertaruhkan oleh dirinya jika benar dia tentunya dapat banyak sekali kebaikan namun jika salah itu hampir sama seperti tindakan pembunuhan walaupun secara tidak sengaja.


1 Response to "Inilah alasannya kenapa tulisan dokter jelek dan tidak bisa dibaca?"