Ini Alasannya, Kenapa Jepang Dijuluki Negeri Matahari Terbit?

Ini Alasannya, Kenapa Jepang Dijuluki Negeri Matahari Terbit?

Jika kamu datanya oleh temanmu, Kenapa ya Jepang Dijuluki Negeri Matahari Terbit?

Jawab saja, karena dinegara itu kamu akan menjumpai atau melihat matahari terbit atau muncul dari balik pegunungan untuk pertama kalinya sebelum di Negara lain matahari akan terlihat.



Berikut Asal Mulanya

Sebenarnya dalam bahasa jepang,kata jepang sendiri berasal dari kata "Nippon" atau "Nihon"  yang berarti asalnya matahari. Secara kasar dapat diartikan sebagai negeri matahari terbit.



"Nihon" sendiri merupakan nama yang digunakan Kekaisaran Cina pada masa Dinasti Sui sekitar tahun 589 sampai 618 Masehi. Nama ini digunakan Kekaisaran Cina untuk menyebut Jepang karena menunjukkan arah Jepang jika dilihat dari Cina. Letak Jepang akan terlihat berada di sisi timur jika dilihat dari Cina. Dari Cina, Jepang akan terlihat seolah-olah matahari terbit dari arah Jepang.

Ada juga istilah sebenarnya dari Bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut "Jepang", yaitu "Wakoku" (??) yang berarti negerinya wa. Mengapa disebut "Negerinya Wa"? Karena "Wa" adalah kelompok etnis yang hidup dan tinggal di Jepang selama 3 periode kerajaan, yaitu sekitar tahun 220 hingga 280 Masehi.

 Nama "Nihon" pertama kali digunakan dalam korespondensi dengan Cina. Semakin lama, nama ini pun menjadi terkenal dan menjadi nama untuk Jepang dalam bahasa Jepang. Dan tahukah pembaca, kalau nama inilah yang menjadi inspirasi terbentuknya bendera Jepang, Hinomaru?


Sumber : blog Annisa Cantika Arivita

0 Response to "Ini Alasannya, Kenapa Jepang Dijuluki Negeri Matahari Terbit?"

Post a Comment