Ini alasannya, kenapa Cina dijuluki Negeri Tirai Bambu?

Ini alasannya, kenapa Cina dijuluki negeri Tirai Bambu?

Mungkin kamu akan berpendapat bahwa di Negara cina banyak bambunya yang dibuat tirai makanya di juluki negeri tirai bambu, hehhehhe. Jawaban anda benar sekali teman, bahkan Tanaman bambu Cina (Bambusa multiplex) terkenal dengan kualitasnya yang sampai sekarang masih menjadi yang terbaik se-dunia. Bambu Cina sangat kuat dan tidak mudah dipatahkan.



Namun Alasan Kenapa Cina Dijuluki Negeri Tirai Bambu Mempunyai Sejarah Yang Perlu Kamu Teman.

Tirai di sini artinya adalah China tidak begitu terbuka terhadap sistem politik dunia barat. Seperti kita ketahui tidak ada sistem demokrasi di China dan pemerintah mengontrol seluruh aktifitas ekonomi, disebut juga sistem ekonomi komando. Bahkan pemerintah China pun melarang penggunaan media sosial seperti facebook dan lainnya yang tidak disetujui oleh pemerintah.

Sedangkan Tirai Bambu lebih ke arah personifikasi yaitu tirai yang berfungsi menutupi cahaya, dalam hal ini adalah menutupi informasi dari barat, dan bambu lebih ke arah struktur karakter bangunan di China yang banyak menggunakan bambu.

Mungkin teman teman ada bertannya, Kenapa harus disebut tirai bambu tidak tirai besi saja yang lebih kuat dan kokoh?

Alasannya Karena Istilah Tirai Besi Sudah Dipakai Oleh Negara Rusia

Rusia adalah pecahan Uni Soviet dan beribukota di Moskow. Negara tempat Arshavin, Gorbachev, dan Vladimir Putin berasal itu dikenal demikian karena negara ini dulu terkenal dengan faham komunisnya dan memberlakukan konsep Tirai Besi.

Sejarah menyebutkan, konsep Tirai Besi yang diberlakukan melambangkan batas-batas Ideologi dan fisik yang membagi Eropa ke dalam dua wilayah terpisah dari akhir Perang Dunia II pada 1945 hingga akhir Perang Dingin pada 1991. Di tiap sisi Tirai Besi, negara-negara membangun sekutu-sekutu militer dan ekonomi internasional masing-masing. Anggota terpenting di pihak timur adalah Uni Soviet sedangkan di pihak barat adalah Amerika Serikat.

Tirai Besi mengambil bentuk pertahanan perbatasan antara negara-negara Eropa Barat dan Eropa Timur, terutama Tembok Berlin, yang berperan sebagai lambang panjang Tirai secara keseluruhan.



1 Response to "Ini alasannya, kenapa Cina dijuluki Negeri Tirai Bambu?"

  1. 2017 ford fusion hybrid titanium
    2017 titanium cartilage earrings ford fusion hybrid titanium 2017 ford fusion hybrid titanium is titanium bolts a new fusion babylisspro nano titanium hair dryer technology that utilizes a patented design that sia titanium incorporates a fusion reactor design that incorporates

    ReplyDelete