Ini Alasannya, Kenapa Aceh Dijuluki Serambi Makkah?

Ini Alasannya, Kenapa Aceh Dijuluki Serambi Makkah?

Banyak sekali alasannya kenapa aceh dijuluki sebagai Serambi Makkah. Dimana aceh ini adalah tempat islam masuk pertama kali di Nusantara, aceh juga sebagai kiblat ilmu pengetahuan di Nusantara, dan masih banyak lagi, 



berikut lebih jelasnya :

Pada abad ke 15 m, aceh dulu memperoleh gelar yang amat terhormat dari umat islam nusantara. Negeri ini dijuluki “serambi mekkah” sesuatu gelar yang penuh bernuansa keagamaan, keimanan, serta ketaqwaan.

 Menurut kajian ahli sejarawan, ada 5 karena kenapa aceh menyandang gelar mulia tersebut.

Pertama
Aceh adalah tempat perdana masuk islam di nusantara

tepatnya di lokasi pantai timur, peureulak, serta pasai. dari aceh islam berkembang amat cepat ke seluruh nusantara hingga ke philipina. mubaligh-mubaligh aceh meninggalkan kampung halaman untuk menyebarkan agama allah pada manusia. Sebagian orang diantara wali songo yang membawa islam ke jawa datang dari aceh, yaitu maulana malik ibrahim, sunan ngampel, serta syarif hidayatullah.

Kedua
Kiblatnya Ilmu Pengetahuan

Aceh dulu jadi kiblat ilmu dan pengetahuan di nusantara dengan hadirnya jami’ah baiturrahman ( kampus baiturrahman ) lengkap dengan beragam fakultas. Beberapa mahasiswa yang menuntut pengetahuan di aceh datang dari beragam penjuru dunia, dari turki, palestina, india, bangladesh, pattani, mindanau, malaya, Brunei darussalam, serta makassar.

Ketiga
Peryataan  Syarif Makkah

kerajaan Aceh darussalam dulu memperoleh pernyataan dari syarif makkah atas nama khalifah islam di turki bahwa kerajaan Aceh yaitu “pelindung” kerajaan-kerajaan islam yang lain di nusantara. Dikarenakan itu seluruh sultan-sultan nusantara mengakui sulatan aceh sebagai “payung” mereka saat menjalankan tugas kerajaan.

Keempat
Tempat Pelabuhan Haji

tempat Aceh dulu jadi pangkalan/pelabuhan haji untuk seluruh nusantara. orang-orang muslim nusantara yang naik haji ke makkah dengan kapal laut, sebelum saat mengarungi samudra hindia menggunakan waktu hingga enam bln. Di bandar aceh darussalam. kampung-kampung lebih kurang pelanggahan saat ini jadi area persinggahan jamaah haji dulunya.

Kelima
Terdapat banyak Persamaan aceh dengan Makkah


banyak persamaan pada Aceh ( waktu itu ) dengan makkah, keduanya sama islam, bermazhab syafi’i, berbudaya islam, kenakan pakaian islam, berhiburan islam, serta berhukum dengan hukum islam. Seluruh masyarakat makkah beragama islam serta seluruh masyarakat aceh juga islam. Orang aceh masuk didalam agama islam dengan kaffah ( totalitas ), tidak ada campur aduk antara adat kebiasaan dengan ajaran Islam, akan tetapi sayangnya sekarang sudah mulai memudar

0 Response to "Ini Alasannya, Kenapa Aceh Dijuluki Serambi Makkah?"

Post a Comment