Ini Alasannya, Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Daripada Saat Berangakat?

Ini Alasannya, Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Daripada Saat Berangakat?

Kamu pasti  pernah merasakan bahwa saat perjalanan pulang terasa lebih cepat, dari pada perjalanan saat berangkat, hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal yang perlu anda ketahui


Berikut Beberapa Alasan Secara Rasional
Dahulu, para peneliti beranggapan bahwa perjalanan pulang terasa lebih pendek karena rute perjalanan sudah dikenal waktu perjalanan berangkatnya, sehingga mereka sudah menghafal rute dan oleh karena itu, perjalanan pulang terasa lebih cepat. Namun, berdasarkan hasil penelitian terhadap 350 orang yang berlibur dengan bus, dengan sepeda dimana penelitian ini sudah dipublikasikan di bulletin Springers Psychonomic Bulletin & Review.

Para peneliti tersebut beranggapan, bahwa efek perjalanan pulang ini tidak disebabkan oleh rute perjalanan pulang yang sudah dikenal, seperti diduga sebelumnya, tetapi karena harapan yang berbeda.

Para ilmuwan percaya efek perjalanan pulang ini tidak disebabkan oleh rute perjalanan pulang yang sudah dikenal, seperti yang diduga sebelumnya. Tetapi karena harapan yang berbeda. Sampai sekarang, penjelasan popular untuk perjalanan pulang yang terasa pendek adalah bahwa perjalanan pulang lebih mudah diprediksi daripada perjalanan berangkat, namun berdasarkan penelitian tersebut, pendapat ini disangkal.

Asisten penulis Michael Roy, dari Elizabethtown College di Pennsylvania, mengatakan: "Efek perjalanan pulang juga ada ketika responden mengambil rute kembali yang berbeda, namun jarak yang sama". "Anda tidak perlu mengenali rute untuk mengalami efek". Para peneliti berharap dapat menjelaskan lebih dari sekadar efek perjalanan pulang. "Temuan pada efek perjalanan pulang ini dapat membantu kita membuat prediksi baru tentang bagaimana orang mengalami durasi itu, meskipun mereka tidak berhubungan dengan perjalanan." kata Profesor van de Ven.

Namun pada Intinya perjalanan pulang terasa lebih cepat dikarenakan dalam diri kita sudah tidak memiliki lagi pertanyaan-pertanyaan atau rasa penasaran yang belum terpecahkan, sehingga ketika pulang akan terasa lebih cepat.

Hal ini hampir sama ketika kamu mengunjungi suatu tempat yang belum kamu tau, yang terasa sangat jauh, namun ketika sudah sudah pernah atau bahkan sering mengunjunginya maka akan terasa tidak jauh lagi.

Hal ini juga hampir sama disaat kamu sedang menunggu sesuatu pastinya akan terasa begitu lama begitu juga ketika kamu menunggu jawaban akan suatu perjalanan yang akan kamu kunjungi juga akan terasa lebih lama.

Pasti ada pertanyaan pertanyaan dalam diri anda, “kira kira seperti apa ya kota itu, apakah pantai disana sangat indah ya, lebih bagus mana ya air terjun didesa itu dengan air terjun yang saya kunjungi didesa A kemaren” ya mungkin begitulah yang kita fikirkan. Karena kita sedang menunggu jawaban akan pertanyaan-pertanyaan yang ada di diri kita jadi perjalanan akan terasa lebih lama.

So, yang membuat perjalanan saat berangkat lebih lama itu dikarenakan adanya efffek penasaran akan pertanyaan-pertanyaan yang belum kemu tau.

Bagaimana menurut anda teman teman?


0 Response to "Ini Alasannya, Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Daripada Saat Berangakat?"

Post a Comment