Ini alasannya, kenapa Kalimantan disebut Borneo?

Ini alasannya, kenapa Kalimantan disebut Borneo?

Kalimantan adalah pulau nomor tiga terbesar di dunia. Pulau ini terkenal dengan hutan tropisnya yang sangat luas dan tebal. Hampir seluruh orang Indonesia pasti mengenal tentang pulau ini, hanya saja untuk masyarakat Internasional pulau ini kadang juga dikenal sebagai Borneo. Lalu dari manakah asal nama Kalimantan dan Borneo ini?



Berikut sejarahnya :
Dari cerita masyarakat di kalimantan selatan, khususnya suku banjar. mengenai Kata 'Kalimantan' berasal dari dua gabungan kata 'Kali' dan 'Mantan' disini untuk kata 'Kali' dapat diartikan dengan  'sungai' sedangkan 'Mantan' adalah singkatan dari kata “Jumantan” atau kata lain dari “Intan”, yang kalau diterjemahkan kata kalimantan berarti sungai yang bamyak mengandung berbagai macam intan/ berlian.

Kata 'Borneo' merupakan nama populer lain dari kalimantan khususnya di benua eropa, munculnya sebutan Borneo oleh orang eropa dikarenakan di kalimantan banyak ditemukan pohon Borneol (bahasa latin : Dryobalanops camphora) yaitu pohon yang mengandung terpetin, yaitu bahan yang dpergunakan untuk antiseptik atau minyak wangi dan kamper. pada awal kedatangan orang eropa ke Indonesia terutama dikalimantan, Borneol merupakan salah satu sumber daya alam yang dicari bangsa eropa di Kalimantan.

Selain itu kata Borneo juga menunjuk pada satu kerajaan dipulau utara kalimantan Yaitu Kerajaan Brunei Darusalam yang sering disinggahi pedagang eropa pada pada masa kolonial dimana kerajaan Brunei pada saat itu merupakan sebuah kerajaan yang paling menonjol dipulau kalimantan sekitar abad ke 16. karena kesulitan lidah orang eropa menyebut kata Brunei akhirnya menjadi terbiasa dengan sebutan Borneo.

Pendapat Lain
Dilansir dari Havoc Weird, nama Borneo disebut berasal dari nama Brunei. Menurut sebuah catatan dari seorang utusan kerajaan tiongkok, pada abad ke-8 hingga ke-9, Kalimantan dikenal sebagai Po-Po-Li, Po-Ni atau Bun-Lai. Jelas sekali terdapat kemiripan nama Bun-Lai dan Brunei sehingga kemungkinan memang nama ini sudah digunakan sejak masa itu.


Tetapi terdapat pendapat lain yang menyatakan bahwa nama Borneo berasal dari nama salah satu pohon yang banyak tumbuh di wilayah tersebut pada abad ke-15. Pohon ini bernama Borneol atau pada nama latinnya dikenal sebagai pohon Dryobalanops camphora. Pemberian nama Borneo ini berasal dari bangsa Eropa yang ketika itu banyak menemukan pohon tersebut di wilayah Kalimantan.

0 Response to "Ini alasannya, kenapa Kalimantan disebut Borneo?"

Post a Comment